Senin, 07 Maret 2011

Prediksi Kanker Paru dari Kuku Kaki

Prediksi Kanker Paru dari Kuku Kaki

RISIKO kanker paru pada pria ternyata dapat dilihat dari kuku kakinya. Pemeriksaan dengan kuku lebih akurat ketumbang urin dan air ludah. Pria yang kukunya mengandung banyak nikotin berisiko terkena kanker paru 3,5 kali lebih tinggi ketimbang mereka yang tak memiliki nikotin dikuku.

Peneliti di San Diego, Amerika Serikat, melibatkan 33.737 pria dalam penelitian mereka. Peneliti memeriksa potongan kuku jari kaki untuk menganalisa kandungan nikotin. Partisipan pun diberi selebaran yang menanyakan tentang kebiasaan merokok mereka.

Hasil pemeriksaan kadar nikotin di kuku lebih akurat ketimbang urin dan ludah. Sebab, pertumbuhan kuku lebih lambat. Sehingga, residu nikotin di jaringan jauh lebih stabul.

Peneliti dari University of California itupun menghubungkan kadar nikotin pada kuku dengan risiko kanker. Menurut mereka, keberadaan senyawa nikotin akan melakukan perjalanan menuju ke paru melalui asap rokok. Nikotin memang tak memicu kanker. Tapi selain nikotin, asap rokok pun menyebarkan ratusan jenis racun pemicu kanker ke paru-paru.

Tak hanya nikotin, asap itu juga mengandung Dari 33.737 pria yang diteliti selama 13 tahun, 210 di antaranya memiliki kadar nikotin tinggi dan akhirnya terkena kanker paru, demikian menurut penelitian dari University of California di San Diego seperti dilansir dari MSNHealth, Minggu (6/3).

Menariknya, kandungan nikotin pada kuku tidak selalu berhubungan dengan perokok aktif.

"Penelitian-penelitian terdahulu lebih sering mengaitkan bahaya asap tembakau dengan risiko kanker paru pada perokok aktif. Akibatnya risiko pada perokok pasif kurang diperhatikan," kata peneliti.

Penelitian yang dipublikasikan dalam American Journal of Epidemiology ini menunjukkan kandungan nikotin yang cukup tinggi juga ditemukan pada 10 persen pria yang hanya menjadi perokok pasif.(go4/***)

Support by :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar